Seperti biasa, pengerjaan dari NHW ke NHW di kelas Institute Ibu Profesional ini selalu saling berhubungan. Dan tema untuk Nhw kali ini adalah Misi Hidup dan Produktivitas.

Produktivitas hidup kita ini tidak akan selalu diukur dengan rupiah yang akan diterima, melainkan seberapa meningkat kemuliaan hidup kita dimata Allah dan seberapa manfaat hidup kita bagi alam semesta. (Tim Matrikulasi)

Kuadran Aktivitas Suka dan Bisa sesuai dengan NHW 7 pada minggu kemarin itu menulis, menggambar, scrapbook dan blog desain.


Hanya saja aktivitas yang saya tulis untuk nhw 7 kemarin itu cuman berlaku untuk ranah pribadi saja. Di NHW 4 dan 5 mengenai jurusan ilmu, konsistensi akan peran hidup serta “learning how to learn” saya menulis beberapa hal lain (tentunya masih berkaitan dengan kuadran aktivitas tapi dalam artian yang lebih luas) mengenai apa yang akan saya kerjakan bersama-sama dengan suami untuk membangun masa depan keluarga kami.

Berkaitan dengan Misi Hidup dan Produktivitas, ada 3 elemen yang harus saya jawab pada NHW kali ini yaitu :

BE ( kita ingin menjadi apa ?)
Saya ingin menjadi partner yang baik untuk suami. Menjadi team work yang solid dalam membangun peradaban rumah tangga. Selalu mengusahakan dan memberi yang terbaik untuk keluarga. Agar dapat mendidik anak-anak menjadi generasi yang unggul dengan selalu mendampingi mereka.

DO ( kita ingin melakukan apa?)
Bersama-sama mendidik anak-anak tumbuh dan berkembang sesuai fitrahnya hingga mereka dapat menemukan passion positifnya masing-masing.

HAVE ( kita ingin memiliki apa ?)
Memiliki ilmu dalam manajement waktu agar dapat mengatur perencanaan yang efektif dan efisien.

3 aspek dimensi waktu yang perlu diperhatikan adalah :

1. Apa yang ingin kita capai dalam kurun waktu kehidupan kita (lifetime purpose)

Misi Hidup kami sesuai dengan apa yang sudah ditulis pada bagian “kita ingin menjadi apa”. Lalu memiliki konsep hidup sederhana kembali ke alam. Kembali ke kehidupan dimana kami bisa menikmati hidup secara alami (fitrahnya) karena hidup hakikatnya hanya untuk beribadah kepada Allah SWT.

2. Apa yang ingin kita capai dalam kurun waktu 5-10 tahun ke depan (strategic plan)

Sesuai dengan belajar tentang ilmu pengembangan diri yang sudah sempat saya tulis pada tugas NHW 4 secara jelas dan terperinci adalah sebagai berikut :

Membuat mind-mapping pekerjaan secara rutin bersama-sama sesuai kebutuhan.

Menekuni usaha dan membangun bisnis keluarga hingga dapat dilanjutkan oleh penerus. Konsisten bekerja sesuai SOP yang telah disepakati dengan tidak bosan selalu mengkaji ulang serta update ilmu, tidak lupa evaluasi setiap saat sesuai kebutuhan.

Contoh simplenya saya akan belajar membuat dan menggunakan rencana harian dengan tujuan implementasi dalam kehidupan nyata. Kemudian evaluasi pada esok harinya dengan sistem checklist atau penulisan jurnal pribadi sehingga berikutnya akan ada rencana memperbaiki kekurangan. Untuk sementara usaha saya menghindari kecendrungan penumpukan tugas mungkin kurang lebih seperti itu.

Mengikuti kelas Pun-Pun di Chiang Mai, Thailand. Kelas awal pelatihan selama 2 minggu disana. Selanjutnya sesuai jadwal dengan waktu yang beragam, disesuaikan dengan kebutuhan. Bisa setahun sekali atau 2 tahun sekali. Atau sesekali. Bisa juga mengikuti kelas selain Pun-pun (tidak harus pun-pun), yang jelas masih berhubungan dengan tujuan akhirnya yang serba ‘nature dan organic’.

Belajar  konsep Jon Jandai, salah satu pembicara luar biasa di TED. Mempunyai tema life is easy di dalam hidupnya. Membangun Pun-Pun Center of Self Reliance, organic farm. Kami pun ingin membanguan “pun-pun” versi kami sediri kelak.

Membantu suami mencapai cita-citanya yaitu memiliki perkebunan dan sekolah alam untuk tujuan sosial dan kemanusiaan. Menjalani konsep hidup sederhana untuk masa tua kami nanti jika bisnis kami sudah jalan secara otomatis.

Konsep hidup sederhana kembali ke alam. Kembali ke kehidupan dimana kami bisa menikmati hidup secara alami (fitrahnya) karena hidup hakikatnya hanya untuk beribadah kepada Allah SWT.

Contoh kecil dari konsep hidup sederhana kami mungkin salah satunya seperti memuat rumah eco friendly dan membuka kelas menjaga alam lingkungan hidup. 

Bersama suami membuat Natural Working Space (ala Program “Rumah Belajar” Bu Septi di IIP) untuk kepentingan social. Menikmati masa tua dengan berkebun, bercocok tanam, ikebana, scrapbooking dan kerajinan tangan lainnya yang sederhana namun menyenangkan.

Menyempatkan traveling ke tempat-tempat baru, di dalam maupun luar negeri dengan pasangan atau keluarga secara rutin sesuai kemampuan.

3. Apa yang ingin kita capai dalam kurun waktu satu tahun (new year resolution)

Belajar dan berusaha menguasai Ilmu yang didapat dari kelas IIP dan melanjutkan agar bisa naik disetiap kelasnya. Selain mempelajari kelas IIP di tahun ini saya juga ingin belajar kembali seni grafis, fashion, branding dan hal-hal kesukaan yang sempat ditunda/hiatus karena keterpurukan. Berusaha bangkit dan memulai secara santai tanpa ada syarat dan beban sesuai keinginan dan kesempatan yang tersedia di sela-sela waktu. Tidak terpaksa. Tentunya dengan tidak mengesampingkan pelajaran menjadi ibu yang baik sebagai managerial rumah tangga sesuai profesi dan misi hidup kami sekeluarga.

Kemudian aktif secara rutin berolahraga ringan dan menyenangkan dengan mengikuti car free day atau kegiatan sejenis bersama keluarga. Bergabung kembali dengan grup Taichi. Dulu saya pernah ikut aktif dalam olahraga kesehatan taichi selama 2 tahun lebih. Berhenti karena hamil dan melahirkan. InsyaAllah… Setelah melahirkan anak ke 3 tahun depan, saya berencana untuk memulai kembali aktifitas positif untuk badan tersebut.

Mungkin segitu saja dulu pengerjaan NHW 8 kali ini. Semoga kami sekeluarga diberi kelancaran dan kemudahan oleh Allah SWT dalam menjalani misi hidup tersebut. Terima Kasih sudah meluangkan waktunya untuk membaca tugas nhw saya. Mohon maaf apabila ada yang kurang berkenan.

 

 

Salam hangat,

Nita Puspitasari

Matriks IIP 6 Bandung 3
No presensi 29

Written by kurochan

Leave a Comment